Tuesday, 15 September 2009

Anatomy: The Third Cranial Nerve



NERVUS CRANIALIS III
NERVUS OCCULOMOTOR

Nervus occulomotor menginervasi serabut motorik somatik ke seluruh musculus pada bola mata, kecuali musculus obliquus superior dan rectus lateralis; nervus ini juga menginervasi melalui anastomosis dengan ganglion ciliaris, serabut motorik simpatik ke musculus sphincter pupil dan ciliaris.



Skema nervus occulomotor secara lengkap disajikan pada gambar di bawah. Serabut nervus occulomotor berasal dari nukleus yang terletak pada substansi grisea pada dasar aqueductus cerebralis yang meluas ke depan aqueductus menuju dasar ventrikel ketiga. Dari nukleus ini, serabut nervus berjalan ke depan melewati tegmentum, nucleus merah dan bagian medial substansia nigra, membentuk seri kurva dengan konveksitas lateral dan muncul dari sulcus oculomotor ke sisi medial pedunculus cerebralis.


Nukleus nervus occulomotor tidak mengandung sel-sel kolumner kontinu tetapi memisah menjadi beberapa nuklei yang lebih kecil yang kemudian membentuk dua grup, anterior dan posterior. Grup posterior berjumlah 6, lima diantaranya simetris pada dua sisi pada midline sedangkan yang keenam terletak di tengah dan umum untuk nervus kedua sisi. Grup anterior memiliki dua nuklei, anteromedial dan antero lateral.

Nukleus nervus occulomotor, dipandang dari segi fisiologis, dapat dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, setiap bagian mengontrol musculus tertentu. Ketika keluar dari otak, nervus ini diselubungi selubung piamater dan masuk ke dalam perpanjangn arachnoid. Nervus ini melewati antara arteri cerebral superior dan inferior dan kemudian menembus duramater ke anterolateral menuju processus clinoideus posterior, melewati batas bebas dan melekat tentorium cerebelli. Nervus berjalan di sepanjang dinding lateral sinus cavernosus, di atas nervus orbital, menerima percabangan dari pleksus cavernosus simpatis dan anastomosis dari divisi opthalmicus nervus trigeminus. Nervus ini kemudian bercabang menjadi dua yang memasuki cavum orbita melalui fissura orbitalis superior, diantara kedua venter musculus rectus lateralis. Disini, nervus tersebut terletak di bawah nervus trochlearis dan cabang frontalis dan lacrimalis nervus opthalmicus sedangkan nervus nasociliaris terletak diantara kedua rami.

Ramus superior, yang lebih kecil, berjalan ke arah medial melalui nervus opticus dan menginervasi musculus rectus superior dan levator palpebrae superioris. Ramus inferior, yang lebih besar, bercabang menjadi 3 cabang. Satu lewat di bawah nervus opticus menuju rectus medialis; yang menuju rectus inferior; yang ketiga dan paling panjang berjalan ke depan di antara rectus inferior dan lateral menuju obliquus inferior.

No comments:

Post a Comment

Hi, everyone! Please feel FREE to express yourself here!