Saturday, 10 October 2009

Anatomy: The Eighth Cranial Nerve


NERVUS CRANIALIS VIII
NERVUS VESTIBULOCOCHLEARIS

Nervus vestibulocochlearis disebut juga nervus akustik, terdiri atas dua serabut yang berbeda dalam hal akhiran perifernya, hubungan sentral, fungsi dan waktu medulasi.
1. Nervus Cocchlearis (nervus pendengaran)
Radix cocchlearis muncul dari sel-sel bipolar pada ganglion spiral cocchlearis yang terletak pada ujung dalam lamina spiral osseus. Serabut perifer melewati organ Corti. Serabut sentral turun menuju modiolus dan foramina tractus spiralis foraminosus atau ke foramen centrale menuju akhiran lateral meatus accusticus internus. Nervus ini melewati meatus accusticus internus bersama nervus vestibularis dan melewati spatia subarachnoidea, tepat di atas flocculus, sebelah medial terhadap pedunculus inferior yang kemudian berakhir di nucleus cochlear.



Nervus cochlearis terletak lebih lateral dari radix vestibularis. Serabut saraf berakhir pada dua nuklei. Nukleus accessories terletak di depan pedunculus inferior sedangkan nucleus tuberculum acusticum terletak lebih lateral. Stria medularis (striæ acusticæ) merupakan akson tuberculum acusticum. Stria ini melewati pedunculus inferior dan fossa rhomboid menuju sulcus median. Disini, nervus menembus pons dan berakhir mengelilingi sel-sel nucleus oliva superior di kedua sisi. Ada serabut lain yang menyilang yang berjalan menuju lemniscus lateral. Sel-sel nucleus accessories memberikan cabang yang berjalan lurus di dalam pons dan menempati trapezium. Serabut trapezoid berakhir di sekitar sel-sel nucleus oliva superior atau nucleus trapezoid pada sisi yang sama ataupun sisi yang berlawanan, sedangkan lainnya, bersilangan dan tidak, berjalan secara langsung menuju lemniscus lateral.
Jika hubungan lebih lanjut nervus cocchlearis pada salah satu sisi, katakana sebelah kiri, nervus ini terletak di sebalah lateral traktus sensorik utama, lemniscus dan diistilahkan lemniscus lateral. Serabut lemniscus lateral kiri berjalan sepanjang nuklleus oliva superior dan trapezoid pada sisi yang sama dan sisi yang berlawanan, sedangkan lainnya merupakan serabut yang tidak terinterupsi, saling menyilang maupun tidak.

2. Nervus Vestibularis
Disebut juga nervus ekuilibrium, yan berjalan dari sel nipolar ganglion vestibular, ganglion of Scarpa, yang terletak di bagian superior akhiran luar meatus accusticus internus. Serabut perifer terbagi menjadi tiga cabang yang melalui foramina di vestibularis superior dan berakhir di utriculus dan apmpula superior dan ductus semisirkularis lateralis; serabut cabang inferior berjalan di sepanjang foramina pada vestibularis inferior dan berakhir di sacculus; cabang posterior berjalan melalui foramen singulare dan menginervasi ampulla ductus semisirkularis posterior.

No comments:

Post a Comment

Hi, everyone! Please feel FREE to express yourself here!