Saturday, 10 October 2009

Anatomy: The Twelfth Cranial Nerve



NERVUS CRANIALIS XII
NERVUS HYPOGLOSSUS

Nervus hypoglossus merupakan nervus motorik lidah. Serabut berasal dari sel-sel nucleus hypoglossus yang merupakan perpanjangan di anterior basis columna anterior substansi grisea medulla spinalis. Nucleus ini mempunyai panjang 2 cm dan pars superiornya berkorespondensi dengan trigonus hypoglossi atau pars inferior eminensia medialis fossa rhomboid.pars inferior nucleus memanjang ke inferior membentuk bagian tertutup medulla oblongata. Serabut nervus berjalan ke anterior melalui medulla oblongata dan muncul di antero-lateral sulcus diantara pyramida dan oliva. Nervus menembus duramater dan membentuk dua bendel saraf. Nervus melewati canalis
hypoglossus os occipitale, lalu menurun hampir vertikal terhadap titik pada angulus mandibula.
Awalnya nervus hypoglossus terletak di inferior arteri karotis interna dan vena jugularis interna, dan terhubung dengan nervus vagus; kemudian nervus berjalan ke anterior di antara vena dan arteri, dan menuruni leher dan menjadi terletak superficial di inferior m. digastricus. Nervus kemudian membentuk lup mengelilingi arteri occipitalis, dan menyilang arteri karotis interna dan arteri lingualis di inferior tendon m. digastricus. Nervus berjalan di bawah tendon m. digastricus, m. stylohyoideus, m. mylohyoideus dan m. hyoglossus dan berhubungan dengan nervus lingualis di batas anterior m. hyoglossus. Nervus kemudian berjalan ke anterior hingga ujung lidah dan menginervasinya.


'
Anastomosis cabang-cabang nervus hypoglossus dengan
Nervus vagus – nervus cervicalis pertama dan kedua
Simpatis – lidah
Anastomosis dengan nervus vagus terletak dekat dengan cranium, filamen dalam jumlah banyak berjalan di antara nervus hypoglossus dan ganglion nodosum nervus vagus melalui jaringan ikat yang menyatukan kedua nervus. Ketika nervus berputar di sekitar arteri occipitalis, ia bercabang membentuk pleksus pharingeus. Anastomosis dengan nervus simpatis berada di seberang os atlas melalui percabangan yang berasal dari ganglion cervicalis superior, dan pada keadaan yang sama, nervus bergabung dengan filamen yang berasal dari lup yang menghubungkan nervus cervicalis kesatu dan kedua.
Anastomosis dengan nervus lingualis berada pada batas anterior m. hyoglossus melalui banyak filament yang menginervasi nervus tersebut.

Distribusi ramus.
Ramus meningea (ramus dural) dipercabangkan ketika nervus hypoglossus melewati canalis nervi hypoglossi untuk menginervasi duramater pada fossa posterior cranium.

Ramus descending (ramus descendens; descendens hypoglossi), panjang dan slender, bercabang dari nervus hypoglossus disekitar arteri occipitalis; mempercabangkan serabut yang menginervasi m. omohyoideus venter superior dan kemudian bergabung dengan nervus cervicalis II dan III; tepat di bawah pertengahan leher, membentuk lingkaran yang disebut ansa hypoglossi. Nervus ini kemudian menginervasi m. sternohyoideus, sternohyoideus, dan m. omohyoideus venter inferior.

Ramus tyrohioideus berjalan dari nervus hypoglossus di dekat margo posterior m. hyoglossus; kemudian berjalan oblik melewati cornu majus os hyoideum dan menginervasi m. tyrohyoideus.

Ramus muscularis menginervasi m. styloglossus, hyoglossus, geniohyoideus dan genioglossus. Nervus ini juga menginervasi musculus intrinsik lidah.

No comments:

Post a Comment

Hi, everyone! Please feel FREE to express yourself here!