Thursday, 17 December 2009

Anatomy: Perkembangan Neurocranium (part 2)




Perkembangan Cranium
Tulang-tulang yang membentuk calvaria dan beberapa bagian dasar tengkorak berasal dari perkembangan penulangan intramembran (membranous ossification), sedangkan hampir keseluruhan pembentuk dasar tengkorak merupakan perkembangan dari penulangan endokondral (endochondral ossification). (Moore and Dalley, 1999). Cranium berkembang dari mesenkim disekitar otak yang berkembang. Cranium dibagi menjadi dua bagian meskipun mereka tidak terpisah total secara embriologi., yaitu (a) neurocranium, yaitu tulang-tulang yang melindungi otak, berbentuk kubah besar, berhubungan dengan system saraf pusat dan indera dan (b) viscerocranium, yaitu tulang-tulang yang membentuk wajah, berhubungan dengan alimentary dan respirasi. (Falkner, 1978).


Neurocranium membranosa
Penulangan intramembran yang terjadi pada mesenkim pada sisi lateral dan kap otak membentuk calvaria (atap tengkorak). Sisi dan atap tengkorak berkembang dari mesenkim yang mengelilingi otak dan mengalami penulangan membranosa yang ditandai dengan terdapatnya spikula tulang berbentuk seperti jarum. Spikula ini secara progresif memancar dari pusat penulangan primer ke arah tepi. Dengan berlanjutnya pertumbuhan selama kehidupan janin dan setelah kelahiran, tulang membranosa membesar melalui peletakan lapisan-lapisan baru di atas permukaan luar dan melalui penyerapan osteoklastik yang berturut-turut dari arah dalam.

Neurocranium Kartilaginosa/ Kondrocranium
Bagian tengkorak ini pada permulaan terdiri dari sejumlah tulang (kartilago) yang terpisah-pisah. Bila kartilago ini menyatu dan menulang oleh pertulangan endokondral, maka terbentuk dasar tengkorak.

Dasar tulang occipitale dibentuk oleh kartilago parakondral dan badan ketiga sklerotom occipital. Ke arah mulut dari lempeng dasar occipitale ditemukan kartilago hipofisis dan trabecula cranii. Kartilago hipofisis membentuk daerah sekitar hipofisis atau glandula pituitary, ia juga menyatu untuk membentuk corpus os sphenoidale. Trabeculae cranii berfusi dan membentuk os ethmoidale yang meluas dari daerah hidung hingga batas depan foramen magnum.

Sejumlah pemadatan mesenkim lainnya timbul di kanan dan kiri lempeng tengah. Paling ujung ke arah mulut, ala orbitalis, membentuk sayap kecil (ala parva) os sphenoidale. Ke caudal, ia diikuti oleh ala temporalis yang membentuk sayap besar (ala magna) os sphenoidale. Unsur ketiga sampai perotik, membentuk pars petrosa dan pars mastoidea os temporale. Ketiga unsur ini kemudian menyatu dengan lempeng tengah dan satu dengan yang lainnya, kecuali pada pembukaan dimana saraf otak meninggalkan tengkorak (foramen opticum). (Sadler, 1993). Kapsul otic (otic capsules) muncul di sekitar telinga dalam yang sedang berkembang atau otic vesicles dan membentuk pars petrosa dan pars mastoidea os temporale. Kapsul nasal (nasal capsule) berkembang di sekitar cavum nasal dan berperan dalam membentuk os ethmoidale. (Moore & Al Azzindani, 1982).


Dasar Tengkorak (Cranial Base)

Dasar tengkorak secara garis besar tersusun oleh pembentukan tulang melalui penulangan precursor kartilago. Dasar tengkorak terbentuk dari pars basilaris os occipitale, os sphenoidale, pars petrosa os temporale dan os ethmoidale. Mekanisme pertumbuhan postnatal terutama ditemukan pada region yang mengalami osifikasi endokondral. Misalnya pada sphenooccipitale synchondrosis yang aktif hingga usia 12-15 tahun dan bergabung pada usia 17-20 tahun. Penggantian kartilago pada tempat ini berhubungan dengan pertumbuhan ke depan pada seluruh segmen anterior cranium. Gerakan ke anterior dengan cara ini menyebabkan kenaikan dimensi anteroposterior nasofaring dan membawa tulang-tulang wajah bagian atas untuk maju. Pada saat yang sama, fossa mandibula (tempat bersendi dengan processus condyloideus) menjadi lebih kea rah posterior dan inferior. lalu, pertumbuhan anteroposterior mandibula harus lebih besar jika dibandingkan dengan pertumbuhan maxilla, jika pertumbuhan gigi dan oklusi benar.


No comments:

Post a Comment

Hi, everyone! Please feel FREE to express yourself here!