Friday, 23 December 2011

Reaksi Alergi Anafilaksis

artoonstock.com
Reaksi Alergi Berat: Pendahuluan
Anafilaksis adalah reaksi alergi berat yang berlangsung cepat dan menyebabkan respon membahayakan jiwa yang melibatkan keseluruhan tubuh. Reaksi ini mampu memicu kesulitan bernafas dan syok yang akhirnya menyebabkan kematian.

Reaksi anafilaksis dapat terjadi jika seseorang terpapar substansi yang menyebabkan reaksi di masa lalu, yang disebut antigen. Peristiwa ini disebut “sensitisasi”.

Sengatan lebah, misalnya tidak menyebabkan reaksi alergi saat pertama kali tersengat. Sengatan lebah yang lain dapat menyebabkan reaksi alergi berat dan tiba-tiba yang disebut dengan reaksi anafilaksis atau syok anafilaksis

Reaksi ini biasanya terjadi dalam hitungan detik hingga menit setelah terpapar. Biasanya, reaksi ini tertunda. Seseorang dapat memicu sensitisasi dan anafilaksis terhadap substansi yang telah terpapar selama beberapa kali di masa lalu tanpa reaksi, dan kadang-kadang seseorang tidak mengingat kapan paparan sebelumnya.

Friday, 16 December 2011

Malpraktik: Penanganan Malpraktik

dmd.com
Pada dasarnya penanganan kasus malpraktik dilakukan dengan mendasarkan kepada konsep malpraktik medis dan adverse events yang diuraikan di atas. Dalam makalah ini tidak akan diuraikan pelaksanaan pada kasus per-kasus, namun lebih ke arah hasil pembelajaran (lesson learned) dari pengalaman penanganan berbagai kasus dugaan malpraktik, baik dari sisi profesi maupun dari sisi hukum.

Suatu tuntutan hukum perdata, dalam hal ini sengketa antara pihak dokter dan rumah sakit berhadapan dengan pasien dan keluarga atau kuasanya, dapat diselesaikan melalui dua cara, yaitu cara litigasi (melalui proses peradilan) dan cara non litigasi (di luar proses peradilan).

Friday, 9 December 2011

Malpraktik: Implikasi Hukum

stus.com
Istilah malpraktik memang bukan istilah hukum yang tertera di dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia, namun berbagai tindakan yang termasuk ke dalam kelompok tindak malpraktik telah diatur dalam hukum pidana. Kata malpraktik lebih diartikan sebagai suatu "genus" tindak pidana yang "spesies" nya teruraikan di dalam berbagai pasal ketentuan pidana.

Jenis pidana yang paling sering dituntutkan kepada dokter adalah pidana kelalaian yang mengakibatkan luka (pasal 360 KUHP), atau luka berat atau mati (pasal 359 KUHP), yang dikualifikasikan dengan pemberatan ancaman pidananya bila dilakukan dalam rangka melakukan pekerjaannya (pasal 361 KUHP). Sedangkan pidana lain yang bukan kelalaian yang mungkin dituntutkan adalah pembuatan keterangan palsu (pasal 267-268 KUHP), aborsi ilegal (pasal 349 KUHP jo pasal 347 dan 348 KUHP), penipuan dan misrepresentasi (pasal 382 bis), pidana perpajakan (pasal 209 atau 372 KUHP), pencemaran lingkungan hidup (pasal 42 dan 43 UU Pengelolaan Lingkungan Hidup), euthanasia (pasal 344 KUHP), penyerangan seksual (pasal 284-294 KUHP), dan lain-lain.

Friday, 2 December 2011

Malpraktik: Pemahaman dari Segi Kedokteran dan Hukum

http://www.lawyerscareers.com
Tuntutan hukum yang diajukan oleh pasien atau keluarganya kepada pihak rumah sakit dan atau dokternya dari waktu ke waktu semakin meningkat kekerapannya. Tuntutan hukum tersebut dapat berupa tuntutan pidana maupun perdata, dengan hampir selalu mendasarkan kepada teori hukum kelalaian. Dalam bahasa sehari-hari, perilaku yang dituntut adalah malpraktik medis, yang merupakan sebutan "genus" dari kelompok perilaku profesional medis yang "menyimpang" dan mengakibatkan cedera, kematian atau kerugian bagi pasiennya.

Friday, 25 November 2011

Malpraktik: Layanan Kedokteran, Errors dan Adverse Events

osje.org
Ilmu kedokteran adalah ilmu empiris, sehingga ketidakpastian merupakan salah satu ciri khasnya. Iptekdok masih menyisakan kemungkinan adanya bias dan ketidaktahuan, meskipun perkembangannya telah sangat cepat sehingga sukar diikuti oleh standar prosedur yang baku dan kaku. Kedokteran tidak menjanjikan hasil layanannya, melainkan hanya menjanjikan upayanya (inspanningsverbintennis).

Layanan kedokteran dikenal sebagai suatu sistem yang kompleks dengan sifat hubungan antar komponen yang ketat (complex and tightly coupled)[1], khususnya di ruang gawat darurat, ruang bedah dan ruang rawat intensif. Sistem yang kompleks umumnya ditandai dengan spesialisasi dan interdependensi. Dalam suatu sistem yang kompleks, satu komponen dapat berinteraksi dengan banyak komponen lain, kadang dengan cara yang tak terduga atau tak terlihat. Semakin kompleks dan ketat suatu sistem akan semakin mudah terjadi kecelakaan (prone to accident), oleh karena itu praktik kedokteran haruslah dilakukan dengan tingkat kehati-hatian yang tinggi.

Thursday, 17 November 2011

Malpraktik: Pendahuluan

syracusemedicalmalpracticelawyerblog.com
Praktik kedokteran bukanlah suatu pekerjaan yang dapat dilakukan oleh siapa saja, melainkan hanya boleh dilakukan oleh kelompok profesional kedokteran tertentu yang memiliki kompetensi yang memenuhi standar tertentu, diberi kewenangan oleh institusi yang berwenang di bidang itu dan bekerja sesuai dengan standar dan profesionalisme yang ditetapkan oleh organisasi profesinya.

Secara teoritis-konseptual, antara masyarakat profesi dengan masyarakat umum terjadi suatu kontrak (mengacu kepada doktrin social-contract), yang memberi masyarakat profesi hak untuk melakukan self-regulating (otonomi profesi) dengan kewajiban memberikan jaminan bahwa profesional yang berpraktek hanyalah profesional yang kompeten dan yang melaksanakan praktek profesinya sesuai dengan standar.

Wednesday, 9 November 2011

Lesung Pipit: Tak Semua Malformasi Identik dengan Keburukan

Source: fashioncentral.pk
Lesung pipit (dimple) adalah cekungan alami kecil pada bagian tubuh manusia, biasanya di pipi atau di dagu. Lesung pipit dapat muncul dan menghilang bersamaan dengan waktu. Mungkin cukup mudah menemukan seseorang yang mempunyai lesung pipit karena sifat ini diturunkan secara genetik. Sebagian besar lesung pipit sebenarnya disebabkan adanya defek lahir, yang malah menunjukkan bahwa tidak semua ‘malformasi’ adalah hal yang buruk. Lesung pipit dapat berperan dalam pemilihan jenis kelamin. Beberapa kebudayaan, misalnya Asia ataupun subgrup etnik Indo, menganggap lesung pipit sebagai simbol daya pikat dan kejujuran. Lesung pipit dapat diturunkan secara genetik dan digolongkan dalam sifat dominan sederhana, tetapi belum ada bukti ilmiah.

Wednesday, 2 November 2011

[TIPS] Komplikasi Jangka Panjang Diabetes Mellitus

Source: sehatalami.biz
The U.S. National Library of Medicine menyebutkan beberapa komplikasi jangka panjang yang mungkin akibat diabetes tak terkontrol antara lain:
  • Pengerasan arteri (atherosklerosis)
  • Kerusakan ginjal, saraf dan mata
  • Disfungsi ereksi
  • Hiperkolesterolemia
  • Hipertensi
  • Infeksi saluran kemih atau kulit
  • Stroke
  • Penyakit vaskuler perifer
Pengaturan kadar gula darah yang baik dapat mencegah komplikasi ini.

Monday, 24 October 2011

‘Smokeless Tobacco’ Bukanlah Alternatif yang Aman

Source: tobacco-facts.net
Smokeless tobacco dapat menyebabkan kanker, masalah kesehatan dan kecanduan nikotin. Banyak orang yang mengunyah tembakau atau nginang berpikir bahwa aktivitas tersebut lebih aman daripada merokok. Tetapi para ahli di Pusat Pengaturan dan Pencegahan Penyakit (Center of Disease Control and Prevention, CDC) Amerika Serikat menemukan fakta yang lain. Anda tidak perlu merokok untuk mengetahui bahwa hal tersebut memang berbahaya.

Sunday, 23 October 2011

Entusiasme! Seberapapun Banyaknya Ternyata Diperbolehkan

Source: crunchyroll.com
Ehehe...saya kira saya mulai keracunan poster motivasi anime deh. LOL. Awalnya cuma iseng saja mencari motivasi dan setengahnya karena masih rada kesal dengan postingan yang tiba-tiba terhapus (Duh! Jangan bahas lagi yaaa...). Banyak poster motivasi anime yang beredar di dunia maya, sebagian tidak (atau belum) bisa saya pahami, sebagian ada yang memang benar-benar memotivasi, sebagian justru ada yang bikin nggak termotivasi (artinya jadi berbeda dong). Sebagian ada yang kontennya aman untuk semua kalangan, sebagian ada yang berlabel "Not Safe For Working" alias sudah menyerempet ke ranah yang cenderung mesum. Tapi semuanya tergantung bagaimana kita merespon semua itu. Tentu saja, ada yang biasa aja, ada yang langsung merasa ilfil dan bahkan mungkin ada yang menjadi semangat (semangat mencari poster yang sejenis). Oh well, kayaknya alurnya malah jadi ngomongin poster motivasi itu sendiri yak...

Saturday, 22 October 2011

Diabetes Mellitus Neonatal Permanen (PNDM)

Source: diabetescare.net

Apa itu diabetes mellitus neonatal permanen?
Diabetes mellitus neonatal permanen adalah tipe diabetes yang pertama kali terlihat pada usia 6 bulan dan terus ada sepanjang hidup. Tipa diabetes ini ditandai dengan adanya kadar gula darah yang tinggi (hiperglikemia) yang disebabkan kurangnya hormon insulin. Insulin mengontrol berapa banyak glukosa (tipe gula) yang melewati darah menuju sel yang diubah menjadi energi.

Friday, 21 October 2011

Kepekaan Lidah Terhadap Lemak VS Kecenderungan Gemuk

Source: ovealiz.wordpress.com
Makanan yang kaya lemak seperti es krim dan salad bermayo menggoda banyak orang, tetapi terdapat bukri baru yang mengindikasikan bahwa beberapa orang sebenarnya bisa “merasakan” lemak yang tersembunyi dalam makanan dan mereka yang tidak bisa melakukannya mempunyai kecenderungan memakan lebih banyak makanan kaya lemak tersebut.

Thursday, 20 October 2011

[Review] Say You Love Me - Akemi Kakihara

Okay, this might be still the wandering feeling from yesterday lost. You see...I accidentally deleted lot of my posts...ooooh...don't make me remember that again. So I intended to post something trivia now. Yes, totally trivia it doesn't have any essence to the major topics usually post in this blog.

The song titled Say You Love Me was sung by Akemi Kakihara. I don't know why I get attached to this song. Just right after I search about Asian Make-Up on youtube, this song was sung for the background music tutorial. I then searched for the song and the link to listen to. Wow, I suddenly fell in love. LOL. I already downloaded the  remix version, which is more like clubbing song :P.


Wednesday, 19 October 2011

Accidentally Deleted SEVERAL Posts! Haul!


Have you ever felt upset, anxious, sad, angry and depressed at the same time? Aaaa...I think it happened to me now. Why so? I suddenly, recklessly, deliberately, and strangely enough, unconsciously deleted several posts of this blog. Yeah! And do you know how much I deleted to the point I feel get trolled by another me? It's more than 30 posts! I don't know exactly how much, but the total posts were decreasing drastically...That was just great! (sarcastically). I deleted my own posts and now feel empty about it.... huhuhu....

Oh, this is ridiculous, yeah, I know, I actually just wanted to tidy my posts when suddenly subconsciously I clicked delete button. Whattttt? Now, it already happened, nothing can be retracted again, whatever already happened was already done. Oh well, I guess I have to post another topic then. I even didn't remember what posts that I deleted because the topics were broad under 'yuki no koto' label.
Oh well...

Tuesday, 18 October 2011

Monitoring Tekanan Darah at-Home Versus in-Office


Tanpa adanya kecemasan dalam kunjungan ke praktik dental, pembacaan pasien dengan kelainan ginjal ternyata menunjukkan hasil yang lebih akurat. Tekanan darah yang dicatat selama 24 jam lebih pada alat monitoring tekanan darah portable tampaknya lebih efektif daripada tekanan darah yang diukur di klinik dokter, untuk prediksi apakah pasien dengan penyakit ginjal kronis akan mengalami gagal ginjal ataupun kematian. Itu adalah penemuan penelitian Itali yang melibatkan 436 pasien penyakit ginjal yang tidak melakukan dialisis.

Monday, 17 October 2011

Obat dengan Risiko Jantung pada Individu Diabetik Geriatri

Peneliti menemukan risiko yang lebih rendah dengan metformin, tetapi para ahli menyatakan penelitian itu bukan akhir.

Penelitian terbaru menunjukkan individu yang lebih tua (selanjutnya disebut geriatri) yang mempunyai diabetes tipe 2 yang meminum obat golongan sulfonilurea untuk menurunkan kadar gula darahnya ternyata mempunyai risiko yang lebih tinggi terjenak masalah jantung daripada mereka yang minum golongan metformin.

Lebih dari 8.500 individu berusia 65 tahun ke atas yang mengidap diabetes tipe 2 mengikuti penelitian ini, dan 12,4% dari mereka yang diberi sulfonilurea mengalami serangan jantung ataupun cardiovascular events lainnya, dibandingkan dengan mereka yang yang meminum metformin (10,4%). Sebagai tambahan, masalah jantung ini bermula lebih awal selama perjalanan perawatan pada mereka yang menerima obat sulfonilurea.


Sunday, 16 October 2011

Mencegah Diabetes Tipe 2 Berarti Hemat Uang


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terapi obat preventif dapat menghemat uang juga, tetapi tidak seefektif perubahan gaya hidup.

Mencegah diabetes tipe 2 tidak hanya meningkatkan kualitas hidup seseorang, tetapi juga menghemat uang! Dengan cara merawat individu yang mempunyai risiko tingi terkena diabetes tipe 2, peneliti mengurangi biaya kesehatan hingga USD 2.600 untuk tiap individu dalam kelompok yang terdaftar dalam perubahan gaya hidup, dan USD 1.500 untuk setiap individu yang meminum obat diabetes metformin selama lebih dari 10 tahun.

Saturday, 15 October 2011

Sepertiga Dunia Terinfeksi Hepatitis

Sekitar sepertiga populasi global, atau 2 milyar manusia, telah terinfeksi dengan salah satu virus yang menyebabkan penyakit hepatitis, yang membunuh setidaknya sejuta orang tiap tahun, kata Organisasi kesehatan Dunia (World health Organization).

Dan meskipun sebagian besat pembawa hepatitis tidak tahu bahwa mereka sudah terinfeksi, mereka tidak tahu bahwa mereka dapat menularkannya pada orang lain dan pada saat yang sama, mereka dapat terbunuh karena penyakit tersebut, salah seorang agen PBB mengingatkan.

Thursday, 13 October 2011

Penelitian Menunjukkan Tingkat Hepatitis Melonjak pada Golongan Pengguna Obat IV

Courtesy: overfame.com
Sebuah penelitian baru melaporkan bahwa sekitar 10 juta pengguna obat injeksi di seluruh dunia terkena hepatitis C dan 1,3 juta terkena hepatitis B. Hepatitis dapat mengarah pada sirosis, gagal hati dan kanker hati.

Wednesday, 12 October 2011

Komplikasi Pencabutan Gigi - Intraoperatif (Cedera Saraf)

Nervus mandibularis paling rawan.
Saraf yang sering cedera selama pencabutan dan pembedahan gigi adalah divisi ketiga nervus trigeminus. Nervus alveolaris inferior sangat dekat dengan regio apikal gigi molar ketiga dan kadang-kadang molar kedua. Meskipun putusnya saraf relatif jarang, tetapi tekanan mungkin terjadi selama pengeluaran gigi molar ketiga yang erupsi atau impaksi, ujung akar dan fragmen akar atau keduanya.

Tuesday, 11 October 2011

Komplikasi Pencabutan Gigi - Intraoperatif (Cedera Jaringan Lunak)

Lecet dan luka bakar. Cedera jaringan lunak yang paling umum adalah lecet (luka sobek) dan luka bakar (abrasi). Lecet sering diakibatkan oleh retraksi berlebihan flap yang kurang besar. Sobeknya mukosa sering terjadi pada tempat yang tidak diharapkan yaitu pada tepi tulang, atau pada tempat penyambungan tepi-tepi flap. Komplikasi ini dapat dihindari dengan membuat flap yang lebih besar dan menggunakan retraksi yang ringan saja. Lecet akibat elevator, scalpel, dan instrumen putar sangatlah jarang. Lecet dapat dihindari dengan perhatian yang cermat oleh ahli bedah dan asistennya. Sesudah memberitahu pasien, penjahitan dilakukan bila diindikasikan. Luka bakar/ abrasi sering merupakan akibat dari tertekannya bibir yang dalam keadaan teranestesi oleh pegangan henpis lurus. Lesi ini bisa sangat tidak nyaman dan lama sembuhnya. Luka pada bibir dihindari dengan melakukan kerja sama yang baik dengan asisten pada waktu operasi. Luka bakar labial dapat diatasi dengan aplikasi salep antibiotika atau steroid yaitu bacitracin atau bethamethasone (valisone).

Sunday, 9 October 2011

Komplikasi Pencabutan Gigi - Intraoperatif (Pergeseran)

Antrum sering terlibat. Seluruh gigi atau fragmen akar dapat masuk ke sinus maxillaris, fossa infratemporalis, hidung, canalis mandibularis atau ruang submandibula. Bagian yang paling sering adalah sinus maxillaris. Kejadian ini sering merupakan usaha untuk mengambil fragmen atau ujung akar gigi molar atau premolar kedua atas melalui alveolus dengan tekanan elevator yang berlebihan ke arah superior. Pemeriksaan sinar-X yang akurat diperlukan baik sebelum maupun intra-operatif. Kedekatan sinus terhadap apeks akar mungkin sedemikian rupa sehingga perlu dilakukan pembedahan, jika terjadi fraktur akar, film dibuat untuk mendeteksi posisi fragmen dengan tepat.

Saturday, 8 October 2011

Komplikasi Pencabutan Gigi - Intraoperatif (Fraktur)

Tekanan terkontrol untuk menghindari fraktur. Fraktur bisa mengenai akar gigi, gigi sebelahnya atau gigi antagonis, restorasi, processus alveolaris dan kadang-kadang mandibula. Semua fraktur yang dapat dihindarkan mempunyai etiologi yang sama; yaitu tekanan yang berlebihan atau tidak terkontrol atau keduanya. Cara terbaik untuk menghindari fraktur di samping tekanan terkontrol adalah dengan menggunakan gambar sinar-X sebelum melakukan pembedahan. Akar yang mengalami delaserasi atau getas atau yang dirawat endodontik sering mengharuskan dilakukannya perubahan pada rencana pembedahan, biaanya dimulai dari prosedur pencabutan dengan tang (close procedure) sampai melakukan pembukaan flap.

Friday, 7 October 2011

Komplikasi Pencabutan Gigi - Intraoperatif (Perdarahan)

Wah!
Rasanya ada yang ganjil kalo saya memposting tentang komplikasi terlebih dahulu sebelum yang laen. Tapi, daripada material yang ini membusuk dalam harddisk saya, jadi saya keluarin duluan nggak papa ya. LOL. Nanti pendahuluan, teknik dan penjelasan tentang pencabutan giginya menyusul :D.
Happy reading!
Respon pasien tertentu dianggap sebagai kelanjutan yang normal akibat pembedahan, yaitu perdarahan, rasa sakit dan edema. Tetapi apabila berlebihan, perlu dipikirkan lagi apakah termasuk morbiditas yang biasa ataukah komplikasi. Komplikasi digolongkan menjadi intraoperatif, segera sesudah operasi dan jauh sesudah operasi. Pencegahan, pengenalan dan cara mengatasi komplikasi akan didiskusikan di sini. Pencegahannya tergantung pada pemeriksaan riwayat, pemeriksaan menyeluruh, foto rontgen yang memadai dan rencana pembedahan yang memuaskan.

Wednesday, 5 October 2011

Diabetes dan Kesehatan Mata

Diabetes adalah penyakit kompleks yang merupakan hasil dari ketidakmampuan tubuh untuk menghasilakn insulin, hormon yang mengatur kadar gula dalam darah, membawa gula berlebih untuk disimpan di dalam sel dan kemudian akan digunakan jika diperlukan.

Tanpa insulin yang memadai, gula di dalam darah akan menjadi berlebih. Analoginya seperti mobil yang penuh bensin tetapi tidak ada kuncinya; Anda mempunyai energi untuk menggerakkan mobil, tapi tidak bisa menggunakannya.

Tuesday, 4 October 2011

Aktivitas Fisik Wanita yang Memiliki Risiko Diabetes Tinggi


Wanita sebaiknya melakukan aktivitas fisik setidaknya 150 menit tiap minggu untuk membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Wanita yang berisiko tinggi terkena penyakit ini tetap harus aktif secara fisik untuk menurunkan risiko penyakit.

Sunday, 2 October 2011

Mengapa Kita Perlu Mengontrol Diabetes Kita?

Diabetes adalah penyakit dimana kadar glukosa darah atau gula darah terlalu tinggi. Glukosa berasal dari makanan yang dimakan. Insulin adalah hormon yang menjaga glukosa tetap berada dalam sel sehingga dapat diubah menjadi energi. Penderita diabetes tibe 1 tidak memproduksi insulin. Penderita diabetes tipe 2, yang lebih umum ditemukan, memproduksi insulinnya sendiri, tetapi tubuh tidak dapat menggunakannya dengan optimal. Tanpa adanya insulin, glukosa tetap berada dalam darah.

Saturday, 1 October 2011

Pre-Diabetes? Apaan Tuh?

Pre-diabetes berarti kadar gula darah yang lebih tinggi daripada normal tetapi tidak cukup tinggi sampai disebut dengan diabetes. Glukosa berasal dari makanan yang dikonsumsi. Terlalu banyak glukosa dalam darah dapat merusak tubuh seiring berjalannya waktu. Jika Anda mempunyai pre-diabetes, besar kemungkinannya akan berkembang menjai diabetes tipe 2, penyakit jantung dan stroke.

Friday, 30 September 2011

[KUIS] Kuis Untuk Remaja yang Mengidap Diabetes Melitus

Kau punya kehidupan yang sibuk? Aktivitas segudang antara sekolah, teman-temanmu, dan semuanya? Engkau bahkan harus pergi ke beberapa tempat? Diabetes bukanlah alasan untuk menghentikanmu. Ikuti kuis dari Program Pendidikan Diabetes Nasional (National Diabetes Education Program) untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana mengelola diabetesmu. Check it out!

Kuis Khusus Untukmu

Semoga bermanfaat ya!

Thursday, 29 September 2011

Semua Tentang Kolesterol!

Kolesterol itu apa ya? Kolesterol adalah salah satu bentuk lemak yang dibawa dalam tubuh dalam dua jenis kumparan, atau lipoprotein. Penting sekali mempunyai kadar lipoprotein yang sehat!

Low-density lipoproteins (LDL), atau sering disebut kolesterol "jahat", dapat memicu pembentukan kolesterol pada arteri. Menekan kadar LDL adalah cara paling efektif untuk melindungi jantung dan pembuluh darah.

High-density lipoproteins (HDL), atau disebut juga kolesterol "baik" , membantu mengusir kolesterol "jahat" dari dalam tubuh. Secara umum, makin tinggi kada LDL, maka makin baik pula kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Wednesday, 28 September 2011

[TIPS] Bagaimana Membuat Sakit Gusi Menjadi Lebih Enteng?

Courtesy: gulfdental.com
Sepertinya saya harus memutuskan kalau untuk selanjutnya, postingan saya di blog ini akan lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia. Kadang bakalan memakai bahasa sehari-hari, bahasa gaul, bahasa alay (duh!), tapi tetap lebih banyak porsi memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pemuasan ego, hasrat dan ambisi saya berbincang lewat tulisan dengan bahasa Inggris mungkin kadang juga akan saya singgung sedikit-sedikit di sini (kalau saya sedang kumat). Solusi yang bisa saya lakukan untuk menyalurkan semua nafsu-nafsu menulis uneg-uneg melalui bahasa Inggris mungkin akan diakomodasi menggunakan blog lain. Apakah dalam waktu dekat ini? Hmm...Just you wait and see! jangan khawatir, saya akan mengabari kalau sudah ada homebase untuk ngomong dengan bahasa Inggris sepuasnya.

Waduh, intronya sepertinya terlalu panjang ya? Kalau terlalu panjang membahas curhatan saya, bakalan OOT sama judulnya dunk. Hhehe...Baiklah kita mulai saja ya, silakan klik saja itu Readmore...

Tuesday, 27 September 2011

Penyakit Mulut dan Hubungan Sistemiknya: Suggested Investigations

Hubungan yang penuh intrik antara penyakit sistemik dengan penemuan oral sedang dan sudah menjadi perhatian khusus bagi para ahli di bidang Oral Medicine dan dokter gigi pada umumnya. Mata yang tajam dan teliti penting dimiliki oleh seorang klinisi gigi dan beberapa pemeriksaan penunjang terutama darah dan urin memang diperlukan. Diantara yang pemeriksaan yang penting antara lain adalah profil tiroid, serum alkaline phosphatase, CRP (C Reactive Protein), Kadar gula darah puasa dan PP, selain juga pemeriksaan darah rutin untuk hemogram dan peripheral smear. Pendokumentasian dan tindak lanjut jangka panjang penting pada kasus IBD (inflammatory Bowel Disease).

Referensi: researchgate.net

Thursday, 22 September 2011

Bettering Social Status Lowers High Blood Pressure Risk

For poor or disadvantaged people, the risk goes down as they move up the ladder of success, study finds. Upward social mobility appears to help reduce the risk of high blood pressure in people who were born into poor or disadvantaged situations, according to a new study. Previous research has shown that poor and disadvantaged people are at increased risk for high blood pressure, which contributes to heart disease and stroke.

Monday, 18 July 2011

New Update for Hypertension

Hi, there, it was already a week I haven't updating my blog. Here is a news from Reuters Health Information about Review raises questions over benefits of cutting salt. LONDON (Reuters) - In an analysis that set off a fierce debate over the health effects of salt, researchers said on Wednesday they had found no evidence that small cuts to salt intake reduce the risk of developing heart disease or dying prematurely.
n a systematic review published by The Cochrane Library, British scientists found that while cutting salt consumption did appear to lead to slight reductions in blood pressure, that was not translated into lower death or heart disease risk.

Sunday, 10 July 2011

What is Doctor?


I was happened to read "Say Hello to black Jack" Manga or in its original version named "Black Jack ni Yoroshiku (ブラックジャックによろしく)". This realistic manga was mainly talking about doctors and their internal and external affairs. Created by Shuho Sato, in Japan itself, this manga was bombarded with critics and also compliments. The series won the Manga Artist Society grand prize in 2004. In Indonesia, this manga has been released by Level Comics. Thank you, Level Comics for finally releasing this fabulous manga.

Saturday, 9 July 2011

Kesimpulan Hipersensitivitas Dentin (part 8 of 8)


We come to the last part of "Managing Dentin Hypersensitivity" journal. This chapter contains conclusion and references that were being used for making this journal. I also enclosed the footnotes below. I hope this translation can help student or dentist who want to picture a little close what is dentin hypersensitivity. I hope all of you have a nice Saturday! Happy weekend, Everyone.

Strategi Penatalaksanaan Hipersentivitias Dentin (part 7 of 8)

So, here we come to the core of the dentin dypersensitivity. How to manage it! As said before, that, by understanding the nature of dentin and hydrodinamic process, operator can interfere in every stage of it. I hope the flowchart below can help.

Perawatan In-Office (part 6 of 8)

Several In-Office treatments dor Dentin Hypersensitivity are topically applied desensitizing agents (including flouride, potassium nitrate, oxalate, and calcium phosphates), adhesives and resins, and other methods (including iontophoresis and lasers. Keep in mind that this methods is applied by dentist only. Keep reading to know the full-story!

Perawatan At-Home (part 5 of 8)


There are two kinds of treatments of dentin hypersensitivity: At-Home and In-Office. This grouping is based on complexity and the diagnosis. The At-Home treatments are desensitizing toothpastes/dentifrices, potassium salts, toothpaste application and mouthwash and chewing gums.

Pencegahan Hipersensitivitas Dentin (part 4 of 8)


Here we come to the 4th part of "Dentin Hypersensitivity". Today, Saturday, the weather here is a blast. Shining sun and I believe that the laundry will dry in no time. I want to get pumped this month. Help me please!

Wednesday, 6 July 2011

New Update for Diabetes Mellitus

Iwas trying to implement this new trick and tip to my blog. I previously looking for more efficient and effective way to shorten my post, or should I say, to beautify it. Nevertheless, this post is all about new update for Diabetes Melityus, taken from several sources. Feel free to browse it then.

Friday, 1 July 2011

Manajemen Klinis Hipersensitivitas Dentin (part 3 of 8)

Gambar 3. Tangga nyeri menunjukkan nyeri yang makin meningkat dan kompleksitas perawatan desensitisasi. Diadaptasi dengan izin World Health Organization (32).

Here comes part 3. It's about clinical management of dentin hypersensitivity form "Managing Dentin Hypersensitivity" journal. Speaking of which, my mood is getting better now. I presumed that the hormone drive didn't engrossed me again. Ahaha! It might be my last day for having my period this month.

Teori Hidrodinamik Tubulus Dentinalis (part 2 of 8)

Gambar 2. Tahapan rangkaian hidrodinamik. Bahan dapat diaplikasikan pada tahapan-tahapan tertentu ini.
I initially wanted to publish this journal translation in one whole post. But, then I realized that it was veeerrry long downward. So then I decided to separated it into 8 part. Yeah! You might imagine how long the translation was. But it was not that long, actually. Anyway, here is the second part of "Managing Dentin Hypersensitivity".

Karakteristik Hipersensitivitas Dentin (part 1 of 8)


Finaly, the translation is complete! It took a lot of days to finish this journal's translation. I found it very interesting and it's easy to understand. I mean, Britain's and America's English are particularly easy to understand, unlike English journal come from Middle-East or Asian country. Several times reading them and you will get what I'm talking about. Alright, without any hesitation, I present you how to managing dentin hypersensitivity. Fully loaded!

Monday, 27 June 2011

Bahasa Tertunda pada Anak Usia 2 Tahun

Language and communication! Yeah, that are two basic thing that are needed badly by human. No lives exist without that things. Language is complex issue, relating to physical, psychological, physiological, and cultural. Language does develop since our first contact with our very first environment, include since in our mother womb. This article emphasizes to the language delay to the kids living in the institutions.

Sunday, 26 June 2011

Hindari Infeksi Pasca Tindik Telinga!


I thought that my jaw was hanging for several second reading the tittle of the newsletter sending to me from Medscape. Yeah, about ear piercing under pediatric issues. I was thinking about some punk rock band or tattooing activity but then relieved that it was actually about ear piercing for our children. You know, one hole for an ear, I think it's fine. I already had my ears pierced too. Once is enough.

Saturday, 25 June 2011

Migrain Dapat Menjadi Faktor Risiko Stroke (Heartwire)


Recently, I just found that I should filter my subscription to Medline, Medscape and Emedicine because I ticked all of issues there and wished to read all of it. What a greedy! Then I realized that my inbox was jammed with hundred of them. Instead of reading, I was busy emptying and re-filter it again. Sigh! What a waste of the time. And now, I rearrange my subscription. I only subscribe several topic that really hit my interest. Yup, mostly about dental and oral health, and of course hypertension and diabetes mellitus. Lately I found that I became fond of woman (perempuan) issues, that I finally make a new blog about it! Hahaha!). Anyway, this posting was taken from Medscape and Heartwire. Glad if you spend a little time to sit and read it heartfully. And don't worry, I translated it for you.

Friday, 24 June 2011

Scardovia wiggsiae adalah Agen Penyebab ECC?

Scardovia wiggsiae is not a new masterpiece of JRR Tolkien. Neither a new indie rock band in my town. Scardovia wiggsiae is a bacteria, specifically found in severe carious lesion in children. This bacteria is considered as a culprit in ECC! What is ECC? Let's find out then. This article was written in English, but I translated it to Indonesian so it will be convenience for you to read (especially who understand Indonesian). The actual article was published at Wednesday, 18 May 2911 12:17 Pada penelitian sebelumnya, peneliti mengidentifikasi Streptococcus mutans sebagai agen penyebab utama Early Childhood Caries (ECC). Sekarang peneliti menyatakan bahwa Scardovia wiggsiae, spesies bakteri baru yang berhubungan dengan gigi, juga merupakan agen utama dalam patogenesis penyakit ini. Artikel yang menjelaskan penelitian ini disorot dalam Journal of Clinical Microbiology. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi agen bakteri yang harusnya dipertimbangkan dalam usaha “mencegah pembentukan lubang”, Menurut pernyataan Anne Tanner, dari Institut Forsyth, Cambridge, MA. ECC merepresentasikan salah satu kondisi infeksi kronis yang paling sering terjadi pada anak-anak di Amerika Serikat. Hampir 25% anak-anak di Amerika Serikat menderita karies. Penelitian tersebut membandingkan antara populasi bakteri yang berasal dari berbagai sampel plak gigi. Sampel-sampel ini didapatkan dari anak-anak yang mempunyai karies dalam. Sampel kemudian dibandingkan dengan plak anak-anak yang tidak mempunyai karies. Peneliti menemukan bakteri penyebab menggunakan RNA ribosom 16S (16S rRNA). Ribosom yang bertanggung jawab menciptakan kode genetik berbagai protein. 12S rRNA ditemukan berbeda diantara bakteri yang teridentifikasi. Telah diketahui bersama bahwa keasaman tinggu mengakibatkan erosi email dan pembentukan karies aktif. Dengan demikian, hanya bakteri toleran asam yang dapat berlanjut hidup pada media asam yang kemudian akan disebabkan karies. Peneliti membuat kultur bakteri pada media asam untuk menentukan spesies yang berkontribusi dalam pembentukan karies. Dr. Tanner berkata, “Kami mendeteksi patogen karies utama pada ECC, S. mutans, pada sebagian ebsar anak-anak dengan karies kronis”. Meski demikian, peneliti juga mengidentifikasi agen bakteri baru, Scardovia wiggisae dalam konsentrasi tinggi pada sampel yang berasal dari anak-anak dengan karies parah. Beberapa sampel ini bahkan tidak mengandung S. mutans, agen kausatif utama karies dentis. Karena bakteri S. wiggisae mampu hidup bahkan dalam media asam tinggi, peneliti menarik kesimpulan bahwa bakteri ini kemungkinan berperan dalam proses karies. Dr. Tanner menyatakan bahwa langkah-langkah untuk memberantas bakteri kariogenik termasuk obat kumur yang mengandung bahan chlorhexidine, povidone iodine dan fluoride. Langkah lain yang dapat dilakukan adalah menggunakan pengganti gua seperti xylitol pada permen karet. Dr. Tanner menyarankan bahwa menghilangkan karbohidrat/ gula dari diet, bakteri kaiogenik akan menjadi kurang asam dan juga tidak mampu bersaing dengan bakteri plak non-kariogenik lainnya. Reference: http://dental.healthimaginghub.com/portals/teledentistry-news-article/2431-scardovia-wiggsiae-identified-as-a-causative-agent-of-eec-in-children-study.html Credit picture: http://orthocorner.blogspot.com/

Thursday, 23 June 2011

Teeth Whitening at Your Home

You don't have to force yourself to have white teeth via expensive way. It is indeed challenging to have white teeth, both for the patient and for the dentist. But, little is known that this manner can be attempted at your own home. So, teeth whitening? Get your own white teeth now!

Pada suatu waktu, satu-satunya pilihan yang tersedia bagi mereka yang ingin memutihkan gigi adalah bleaching yang bisa dilakukan oleh dokter gigi. Sekarang, produk pemutih gigi terjual bebas di pasaran yang dapat digunakan untuk mendapatkan gigi putih di rumah sendiri. Meskipun demikian, baik produk profesional ataupun home produk menggunakan bahan kimia berbahaya. Beberapa produk ini bahkan dapat menimbulkan efek samping seperti gigi sensitif yang berarti menyelesaikan salah satu masalah gigi tetapi menambah satu masalah baru.

Monday, 20 June 2011

The Trigeminal Nerve

For you who want to know the english version of Trigeminal nerve, I gladly posted it for you all. As expected, this nerve plays an ultimately important rule towards the future (doh!), I mean, to the sensory and motorist in head and neck. Plus, this nerve is very essential in dentistry. All good dentist and dental student should understand the anatomy of this nerve. "So, do you have any nerve to say no, O dental student?", inquire a voice in my head.

Alright, this post was copied and pasted from www.bartleby.com, so I just minor additional arm here. I just thought that I actually already post the Indonesian version, but I found it nowhere. Sigh...I might forget to post it.

Early Childhood Caries (ECC): In Depth


Okay, this might be my first posting about pediatric topic . Actually this article was about nursing, but I found that in my country, Indonesia, this role is mandatory for dentist to. So whenever there is "dokter gigi" translation there, in the original post, it supposed to be written nurse. Oh, well, let's read it thoroughly.

Sunday, 19 June 2011

Waspada terhadap 'Super Toxic' STEC pada Travelers, kata CDC

I was browsing net yesterday and found a blog that embed information about STEC. The tittle said so, and the prologue did so. So what is this STEC? I was previously find the meaning or at least the abbreviation via google, and Voila! found dozens of it. But what I want to share is about Shiga Toxin-producing Escherichia coli. The newest strain that is considered as a 'super-toxic' bug infected Germany population and peoples who recently traveled there. I actually received a newsletter from MedScape.com but haven't read it enthusiastically until one blogger posted it (I thought he took the news from Yahoo or somewhere) and I felt a little bit annoyed. Why I felt annoyed? Because I think that their (Europe) countermeasures are indeed very efficient. Unlike in here, my Indonesia. So I decided to translate it and post it here. Don't worry, the article was already translated to Indonesia, though my English is so-so. Alright then, happy reading!

Saturday, 18 June 2011

Komplikasi Beberapa Saat Setelah Operasi

Several complications can really happen after you got your tooth extracted. This should not become operator's fear. Patients indeed might feel anxious about what they experience, but if the dentist know what to do next and have already explained it beforehand, rest assured that it is nothing to fret about. Oh, yeah, some complications might be come from nature, lack of patient hygiene or operator negligence.

The complications include alveolitis (dry socket), bleeding, infection, and trismus...


ALVEOLITIS
Lepasnya bekuan darah
Komplikasi yang paling sering, paling menakurkan dan paling sakit setelah pencabutan gigi adalah dry socket atau alveolitis (osteitis alveolar). Biasanya dimulai pada hari ke 3 – 5 sesudah operasi. Keluhan uatamanya adalah rasa sakit yang sangat hebat. Pada pemeriksaan terlihat alveolus yang terbuka, terselimuti kotoran dan dikelilingi berbagai tingkatan peradangan gingiva. Kebersihan mulut kurang atau buruk. Regio molar bawah adalah daerah yang sering terkena, khususnya alveolus molar ketiga.

Etiologi
Penyebab alveolitis dan temuan yang konsisten adalah hilangnya bekuan darah akibat lisis, mengelupas atau keduanya. Alveolitis ini biasanya disebabkan oleh streptococcus, tetapi lisis mungkin bisa juga terjadi tanpa keterlibatan bakteri. Diduga trauma berperan karena mengurangi vaskularisasi, yaitu pada tulang yang mengalami mineralisasi yang tinggi pada pasien lanjut usia. Didasarkan hal tersebut, pada waktu melakukan pencabutan pada pasien lanjut usia atau pasien dengan gangguan kesehatan, perlu dilakukan packing profilaksis dengan pembalut obat-obatan pada alveolus mandibula.


Penatalaksanaan
Untuk perawatan dipersyaratkan tindakan yang tenang, halus dan hati-hati. Bagian yang mengalami alveolitis diirigasi dengan larutan saline yang hangat dan diperiksa. Palpasi yang hati-hati menggunakan aplikator kapas membantu dalam menentukan sensitivitas. Apabila pasien tidak tahan terhadap hal tersebut, maka dilakukan anestesi topikal atau lokal sebelum melakukan packing. Pembalut obat-obatan dimasukkan ke dalam alveolus. Pembalut diganti sesudah 24 – 48 jam, kemudian diirigasi dan diperiksa lagi. Kadang diperlukan resep analgetika.

Friday, 17 June 2011

50 Fakta yang Sebaiknya Diketahui (Atau 50 Fakta Paling Tidak Berguna!)

Good day, Everyone! I hope you live your life to the fullest. Here are 50 Things Everyone Should Know (Or 50 Completely Useless Facts). I have already found this article everywhere in English, but none bothered to translate it to Indonesian. Well, since I found it a few days ago, I would like to share it to all of you. Okay, here we go:
1. Kata “queue” adalah satu-satunya kata dalam bahasa Inggris yang tetap diucapkan sama seperti halnya jika empat huruf terakhirnya dihilangkan.
2. Kumbang mempunyai rasa seperti apel, tawon seperti biji pinus dan cacing seperti daging babi goreng.
3. Dari semua huruf dalam bahasa Inggris, kata “set” mempunyai paling banyak arti.

Sunday, 12 June 2011

Collaboration between Dentist and Physician: Are we in the Same Team?

A dentist should consult a physician when a systemic disorder is suspected, when a person's ability to withstand general anesthesia or extensive oral surgery must be evaluated, or when an emergency occurs in a dental office.

A physician should consult a dentist when a child has abnormal growth manifested by peculiar facies(1), delayed tooth eruption, or gross malformation or malalignment(2) of teeth as well as when a patient has a cleft lip or palate, a jaw fracture, an oral neoplasm, or a newly discovered lump in the neck. A prosthodontist(3) experienced in maxillofacial prostheses can help mask or compensate for congenital or acquired facial or intraoral defects. Other reasons for a dental consultation include obscure facial pain, unexplained swelling or cellulitis(4) of the neck that may have originated in an infected tooth, and infection of the parapharyngeal(5) space that may indicate an abscess of a lower posterior tooth. In FUO(6) or a systemic infection of inapparent cause, a dental cause of bacteremia(7) should be considered.

Saturday, 11 June 2011

Gambaran Radiologis Maxilla dan Mandibula Extraoral



T wo same picture at two consecutive posts? No kidding! I just realized that the previous post might gave a teaser about normal radiology appearance of maxilla and mandibula extraorally. There were a lot of arrow indicate several anatomic landmark that sometimes superimposed with another landmark. No wonder! It's all because radiograph is 2D projection of 3D structures. One should understand what normal radiograph looks like before stated that it was abnormal. Please do remember that sometimes we might experience what so called normal variation (which is not an abnormal). Oh, yeah, about the interpretation of the picture above, please continue reading.

Friday, 10 June 2011

Radiology: Gambaran Radiologis Maxilla dan Mandibula


What is more essential than diagnose a disease or disorder of jaws and teeth via X-ray? Umm...Technique? Wait, instruments? Err...er...wh-what is it? The correct answer for this prologue question is KNOWLEDGE about the normal anatomy about them. Yup, by mastering or at least acknowledging their normal appearance in 3D and 2D, one can diagnose a disease or disorder of jaws and teeth. Of course, X-ray is considered as supporting examination, but we can't enjoy pizza without yeast, right? あれ? Do you get what I mean? Ehehe... Well, here I post my very first lecture about radiology.

Managing Patients Who Have Seizure Disorders: Dental and Medical Issues

This post was about my journal reading when I was at Oral Surgery Department. Each students - every senior clerkship - at Gadjah Mada University have to present at least one journal presentation as it is the prerequisite. My supervisor was drg. E. Riyati, M.Kes, Sp.BM and she likes systemic issues, so I choose seizures disorder.

Speaking of which, I actually have to re-apply to Oral Surgery Department after my cycle there was already run out. I should have three more extraction with my supervisor approval and of course, journal presentation. I love doing work at this department. So, without any other pera-pera, I presented you this.

Tuesday, 8 February 2011

Biomaterial: Struktur Material (Atom)


Happy February!! It's time for vacation and or start a new semester.
Struktur Material (Atom) is presented by drg. Harsini, one of Biomaterial lecturer. I subjectively thought that actually, this topic is very interesting if the presentation is marvelous, but since the power-point presentation is tidbit dreary. Well anyway, I had already made it a little bit neat. You may download all or select few of them.


Sunday, 16 January 2011

Biomaterial: Bahan Cetak-Elastomer

It's already year 2011. Happy New Year everyone!
Though it's already mid January, ehehe, I am back from my long hibernation (pole bear ka yoo?!). Actually, my Scribd account was (is) in trouble, so I barely found (find) it was troublesome if I had to rewrite the article (just said that I'm lazy-bones). Oh, well, I tried to post sumthin' here, so here we go, either you can download it via Scribd of 4shared.