Saturday, 18 June 2011

Komplikasi Beberapa Saat Setelah Operasi

Several complications can really happen after you got your tooth extracted. This should not become operator's fear. Patients indeed might feel anxious about what they experience, but if the dentist know what to do next and have already explained it beforehand, rest assured that it is nothing to fret about. Oh, yeah, some complications might be come from nature, lack of patient hygiene or operator negligence.

The complications include alveolitis (dry socket), bleeding, infection, and trismus...


ALVEOLITIS
Lepasnya bekuan darah
Komplikasi yang paling sering, paling menakurkan dan paling sakit setelah pencabutan gigi adalah dry socket atau alveolitis (osteitis alveolar). Biasanya dimulai pada hari ke 3 – 5 sesudah operasi. Keluhan uatamanya adalah rasa sakit yang sangat hebat. Pada pemeriksaan terlihat alveolus yang terbuka, terselimuti kotoran dan dikelilingi berbagai tingkatan peradangan gingiva. Kebersihan mulut kurang atau buruk. Regio molar bawah adalah daerah yang sering terkena, khususnya alveolus molar ketiga.

Etiologi
Penyebab alveolitis dan temuan yang konsisten adalah hilangnya bekuan darah akibat lisis, mengelupas atau keduanya. Alveolitis ini biasanya disebabkan oleh streptococcus, tetapi lisis mungkin bisa juga terjadi tanpa keterlibatan bakteri. Diduga trauma berperan karena mengurangi vaskularisasi, yaitu pada tulang yang mengalami mineralisasi yang tinggi pada pasien lanjut usia. Didasarkan hal tersebut, pada waktu melakukan pencabutan pada pasien lanjut usia atau pasien dengan gangguan kesehatan, perlu dilakukan packing profilaksis dengan pembalut obat-obatan pada alveolus mandibula.


Penatalaksanaan
Untuk perawatan dipersyaratkan tindakan yang tenang, halus dan hati-hati. Bagian yang mengalami alveolitis diirigasi dengan larutan saline yang hangat dan diperiksa. Palpasi yang hati-hati menggunakan aplikator kapas membantu dalam menentukan sensitivitas. Apabila pasien tidak tahan terhadap hal tersebut, maka dilakukan anestesi topikal atau lokal sebelum melakukan packing. Pembalut obat-obatan dimasukkan ke dalam alveolus. Pembalut diganti sesudah 24 – 48 jam, kemudian diirigasi dan diperiksa lagi. Kadang diperlukan resep analgetika.

No comments:

Post a Comment

Hi, everyone! Please feel FREE to express yourself here!