Saturday, 9 July 2011

Pencegahan Hipersensitivitas Dentin (part 4 of 8)


Here we come to the 4th part of "Dentin Hypersensitivity". Today, Saturday, the weather here is a blast. Shining sun and I believe that the laundry will dry in no time. I want to get pumped this month. Help me please!


Bukti menunjukkan bahwa beberapa dokter gigi tidak mempertimbangkan aspek preventif HD (1, 11). Salah satu penelitian menunjukkan pentingnya pencegahan melalui penemuan bahwa efikasi perawatan desensitisasi laser meningkat ketika faktor etiologi dihilangkan (33). Perkembangan rencana perawatan yang baik terhadap kondisi rongga mulut apapun sebaiknya mempertimbangkan faktor kausanya.

Sama halnya, semua rencana perawatan HD sebaiknya mengikutsertakan dan mengeliminasi faktor etiologi yang mempengaruhi seperti asam endogen ataupun eksogen dan trauma penyikatan gigi. Agen erosif memainkan peranan penting dalam perkembangan HD (2, 18). Diet eksogen sepertu buah-buahan, jus buah dan anggur mengandung asam yang dapat menghilangkan smear layer dan membuka tubulus dentinalis. Asam endogen dapat berasal dari refluks asam lambung ataupun regurgitasi yang dapat menimbulkan HD, yang secara khusus tampak pada permukaan palatal.

Menyikat gigi dengan pasta gigi abrasif dapat mengikis permukaan dentin (18) dan mungkin dapat membuka tubulus dentinalis jika dikombinasikan dengan bahan erosif. Pasien sebaiknya menghindari menyikat gigi setidaknya dua hingga tiga jam setelah mengonsumsi makanan ataupun minuman asam untuk mengurangi risiko kombinasi merusak asan dan abrasi (1, 18).

Sebagian besar pasien tidak mampu mengingat detail konsumsi makanan dan minuman mereka. Mereka sebaiknya diminta untuk membuat diari diet harian dan mencatat konsumsi makanan dan minuman selama beberapa waktu (seminggu). Diari tersebut dapat menguak perubahan pada diet pasien yang dapat berkontribusi pada HD. Diari juga dapat menjadi kesempatan dokter gigi untuk meninjau praktik kebersihan mulut pasien.

Referensi:
1. Orchardson R., Gillam DG., 2006, Managing Dentin Hypersensitivity, JADA Assoc, Vol 137 (7) : 990-8
2. http://jada.ada.org/content/137/7/990.full

Credit picture: gd-wholesale.com

No comments:

Post a Comment

Hi, everyone! Please feel FREE to express yourself here!