Thursday, 29 September 2011

Semua Tentang Kolesterol!

Kolesterol itu apa ya? Kolesterol adalah salah satu bentuk lemak yang dibawa dalam tubuh dalam dua jenis kumparan, atau lipoprotein. Penting sekali mempunyai kadar lipoprotein yang sehat!

Low-density lipoproteins (LDL), atau sering disebut kolesterol "jahat", dapat memicu pembentukan kolesterol pada arteri. Menekan kadar LDL adalah cara paling efektif untuk melindungi jantung dan pembuluh darah.

High-density lipoproteins (HDL), atau disebut juga kolesterol "baik" , membantu mengusir kolesterol "jahat" dari dalam tubuh. Secara umum, makin tinggi kada LDL, maka makin baik pula kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Apa itu trigliserida?

Trigliserida adalah lemak darah yang lain yang dapat meningkatkan kemungkinan serangan jantung atau stroke jika kadarnya terlalu tinggi.

Lalu, apa seharusnya target saya?

Berkonsultasilah dengan dokter Anda seberapa sering kolesterol harus dicek dan berapa kadar yang harus diraih. Bagi sebagian besar orang, kadar LDL, HDL dan trigliserida yang selayaknya dicapai adalah:


  • Kolesterol LDL kurang dari 100 mg/dl
  • Kolesterol HDL lebih tinggi dari 40 mg/dl untuk laki-laki dan 50 mg/dl untuk perempuan, tetapi LDL 60 mg/dl atau lebih membantu semuanya untuk menurunkan risiko penyakit jantung.
  • Trigliserida kurang dari 150 mg/dl

Apa yang bisa saya lakukan untuk mencapai angka itu?

Adalah ide yang baik untuk mengecek kadar kolesterol tiap 5 tahun sekali, dan lebih sering jika memang ada gangguan. Di bawah ini ada beberapa tips untuk menjaga nilai kolesterol:
  • Jika Anda merokok, berhentilah
  • Turunkan berat badan bila mampu
  • Berolahragalah setiap hari (jalan pendek sekitar 30 menit per hari adalah target yang baik)
  • Mengkonsumsi makanan rendah lemak, rendah kolesterol dengan banyak sayuran segar, biji-bijian utuh dan buah-buahan
  • Tingkatkan jumlah lemak monounsaturated dalam diet Anda. Contoh lemak monounsaturated adalah minyak canola, minyak alpukat dan minyak zaitun.
  • Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat penurun kolesterol.
Kolesterol juga diengaruhi oleh tekanan darah dan kadar gula darah. Jika gula darah dan tekanan darah tinggi, kadar kolesterol juga mungkin akan mengikuti. Semua ini adalah faktor risiko untuk diabetes dan penyakit jantung, dan makin banyak faktor risiko yang dimiliki, maka makin tinggi pula risiko kesehatan yang didapatkan.

Karenanya, segera ambil langkah-langkah untuk menurunkan risiko sehingga Anda dapat hidup lebih sehat dan lebih lama.

Referensi: http://www.diabetes.org/diabetes-basics/prevention/checkup-america/cholesterol.html

No comments:

Post a Comment

Hi, everyone! Please feel FREE to express yourself here!