Monday, 24 October 2011

‘Smokeless Tobacco’ Bukanlah Alternatif yang Aman

Source: tobacco-facts.net
Smokeless tobacco dapat menyebabkan kanker, masalah kesehatan dan kecanduan nikotin. Banyak orang yang mengunyah tembakau atau nginang berpikir bahwa aktivitas tersebut lebih aman daripada merokok. Tetapi para ahli di Pusat Pengaturan dan Pencegahan Penyakit (Center of Disease Control and Prevention, CDC) Amerika Serikat menemukan fakta yang lain. Anda tidak perlu merokok untuk mengetahui bahwa hal tersebut memang berbahaya.

Sunday, 23 October 2011

Entusiasme! Seberapapun Banyaknya Ternyata Diperbolehkan

Source: crunchyroll.com
Ehehe...saya kira saya mulai keracunan poster motivasi anime deh. LOL. Awalnya cuma iseng saja mencari motivasi dan setengahnya karena masih rada kesal dengan postingan yang tiba-tiba terhapus (Duh! Jangan bahas lagi yaaa...). Banyak poster motivasi anime yang beredar di dunia maya, sebagian tidak (atau belum) bisa saya pahami, sebagian ada yang memang benar-benar memotivasi, sebagian justru ada yang bikin nggak termotivasi (artinya jadi berbeda dong). Sebagian ada yang kontennya aman untuk semua kalangan, sebagian ada yang berlabel "Not Safe For Working" alias sudah menyerempet ke ranah yang cenderung mesum. Tapi semuanya tergantung bagaimana kita merespon semua itu. Tentu saja, ada yang biasa aja, ada yang langsung merasa ilfil dan bahkan mungkin ada yang menjadi semangat (semangat mencari poster yang sejenis). Oh well, kayaknya alurnya malah jadi ngomongin poster motivasi itu sendiri yak...

Saturday, 22 October 2011

Diabetes Mellitus Neonatal Permanen (PNDM)

Source: diabetescare.net

Apa itu diabetes mellitus neonatal permanen?
Diabetes mellitus neonatal permanen adalah tipe diabetes yang pertama kali terlihat pada usia 6 bulan dan terus ada sepanjang hidup. Tipa diabetes ini ditandai dengan adanya kadar gula darah yang tinggi (hiperglikemia) yang disebabkan kurangnya hormon insulin. Insulin mengontrol berapa banyak glukosa (tipe gula) yang melewati darah menuju sel yang diubah menjadi energi.

Friday, 21 October 2011

Kepekaan Lidah Terhadap Lemak VS Kecenderungan Gemuk

Source: ovealiz.wordpress.com
Makanan yang kaya lemak seperti es krim dan salad bermayo menggoda banyak orang, tetapi terdapat bukri baru yang mengindikasikan bahwa beberapa orang sebenarnya bisa “merasakan” lemak yang tersembunyi dalam makanan dan mereka yang tidak bisa melakukannya mempunyai kecenderungan memakan lebih banyak makanan kaya lemak tersebut.

Thursday, 20 October 2011

[Review] Say You Love Me - Akemi Kakihara

Okay, this might be still the wandering feeling from yesterday lost. You see...I accidentally deleted lot of my posts...ooooh...don't make me remember that again. So I intended to post something trivia now. Yes, totally trivia it doesn't have any essence to the major topics usually post in this blog.

The song titled Say You Love Me was sung by Akemi Kakihara. I don't know why I get attached to this song. Just right after I search about Asian Make-Up on youtube, this song was sung for the background music tutorial. I then searched for the song and the link to listen to. Wow, I suddenly fell in love. LOL. I already downloaded the  remix version, which is more like clubbing song :P.


Wednesday, 19 October 2011

Accidentally Deleted SEVERAL Posts! Haul!


Have you ever felt upset, anxious, sad, angry and depressed at the same time? Aaaa...I think it happened to me now. Why so? I suddenly, recklessly, deliberately, and strangely enough, unconsciously deleted several posts of this blog. Yeah! And do you know how much I deleted to the point I feel get trolled by another me? It's more than 30 posts! I don't know exactly how much, but the total posts were decreasing drastically...That was just great! (sarcastically). I deleted my own posts and now feel empty about it.... huhuhu....

Oh, this is ridiculous, yeah, I know, I actually just wanted to tidy my posts when suddenly subconsciously I clicked delete button. Whattttt? Now, it already happened, nothing can be retracted again, whatever already happened was already done. Oh well, I guess I have to post another topic then. I even didn't remember what posts that I deleted because the topics were broad under 'yuki no koto' label.
Oh well...

Tuesday, 18 October 2011

Monitoring Tekanan Darah at-Home Versus in-Office


Tanpa adanya kecemasan dalam kunjungan ke praktik dental, pembacaan pasien dengan kelainan ginjal ternyata menunjukkan hasil yang lebih akurat. Tekanan darah yang dicatat selama 24 jam lebih pada alat monitoring tekanan darah portable tampaknya lebih efektif daripada tekanan darah yang diukur di klinik dokter, untuk prediksi apakah pasien dengan penyakit ginjal kronis akan mengalami gagal ginjal ataupun kematian. Itu adalah penemuan penelitian Itali yang melibatkan 436 pasien penyakit ginjal yang tidak melakukan dialisis.

Monday, 17 October 2011

Obat dengan Risiko Jantung pada Individu Diabetik Geriatri

Peneliti menemukan risiko yang lebih rendah dengan metformin, tetapi para ahli menyatakan penelitian itu bukan akhir.

Penelitian terbaru menunjukkan individu yang lebih tua (selanjutnya disebut geriatri) yang mempunyai diabetes tipe 2 yang meminum obat golongan sulfonilurea untuk menurunkan kadar gula darahnya ternyata mempunyai risiko yang lebih tinggi terjenak masalah jantung daripada mereka yang minum golongan metformin.

Lebih dari 8.500 individu berusia 65 tahun ke atas yang mengidap diabetes tipe 2 mengikuti penelitian ini, dan 12,4% dari mereka yang diberi sulfonilurea mengalami serangan jantung ataupun cardiovascular events lainnya, dibandingkan dengan mereka yang yang meminum metformin (10,4%). Sebagai tambahan, masalah jantung ini bermula lebih awal selama perjalanan perawatan pada mereka yang menerima obat sulfonilurea.


Sunday, 16 October 2011

Mencegah Diabetes Tipe 2 Berarti Hemat Uang


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terapi obat preventif dapat menghemat uang juga, tetapi tidak seefektif perubahan gaya hidup.

Mencegah diabetes tipe 2 tidak hanya meningkatkan kualitas hidup seseorang, tetapi juga menghemat uang! Dengan cara merawat individu yang mempunyai risiko tingi terkena diabetes tipe 2, peneliti mengurangi biaya kesehatan hingga USD 2.600 untuk tiap individu dalam kelompok yang terdaftar dalam perubahan gaya hidup, dan USD 1.500 untuk setiap individu yang meminum obat diabetes metformin selama lebih dari 10 tahun.

Saturday, 15 October 2011

Sepertiga Dunia Terinfeksi Hepatitis

Sekitar sepertiga populasi global, atau 2 milyar manusia, telah terinfeksi dengan salah satu virus yang menyebabkan penyakit hepatitis, yang membunuh setidaknya sejuta orang tiap tahun, kata Organisasi kesehatan Dunia (World health Organization).

Dan meskipun sebagian besat pembawa hepatitis tidak tahu bahwa mereka sudah terinfeksi, mereka tidak tahu bahwa mereka dapat menularkannya pada orang lain dan pada saat yang sama, mereka dapat terbunuh karena penyakit tersebut, salah seorang agen PBB mengingatkan.

Thursday, 13 October 2011

Penelitian Menunjukkan Tingkat Hepatitis Melonjak pada Golongan Pengguna Obat IV

Courtesy: overfame.com
Sebuah penelitian baru melaporkan bahwa sekitar 10 juta pengguna obat injeksi di seluruh dunia terkena hepatitis C dan 1,3 juta terkena hepatitis B. Hepatitis dapat mengarah pada sirosis, gagal hati dan kanker hati.

Wednesday, 12 October 2011

Komplikasi Pencabutan Gigi - Intraoperatif (Cedera Saraf)

Nervus mandibularis paling rawan.
Saraf yang sering cedera selama pencabutan dan pembedahan gigi adalah divisi ketiga nervus trigeminus. Nervus alveolaris inferior sangat dekat dengan regio apikal gigi molar ketiga dan kadang-kadang molar kedua. Meskipun putusnya saraf relatif jarang, tetapi tekanan mungkin terjadi selama pengeluaran gigi molar ketiga yang erupsi atau impaksi, ujung akar dan fragmen akar atau keduanya.

Tuesday, 11 October 2011

Komplikasi Pencabutan Gigi - Intraoperatif (Cedera Jaringan Lunak)

Lecet dan luka bakar. Cedera jaringan lunak yang paling umum adalah lecet (luka sobek) dan luka bakar (abrasi). Lecet sering diakibatkan oleh retraksi berlebihan flap yang kurang besar. Sobeknya mukosa sering terjadi pada tempat yang tidak diharapkan yaitu pada tepi tulang, atau pada tempat penyambungan tepi-tepi flap. Komplikasi ini dapat dihindari dengan membuat flap yang lebih besar dan menggunakan retraksi yang ringan saja. Lecet akibat elevator, scalpel, dan instrumen putar sangatlah jarang. Lecet dapat dihindari dengan perhatian yang cermat oleh ahli bedah dan asistennya. Sesudah memberitahu pasien, penjahitan dilakukan bila diindikasikan. Luka bakar/ abrasi sering merupakan akibat dari tertekannya bibir yang dalam keadaan teranestesi oleh pegangan henpis lurus. Lesi ini bisa sangat tidak nyaman dan lama sembuhnya. Luka pada bibir dihindari dengan melakukan kerja sama yang baik dengan asisten pada waktu operasi. Luka bakar labial dapat diatasi dengan aplikasi salep antibiotika atau steroid yaitu bacitracin atau bethamethasone (valisone).

Sunday, 9 October 2011

Komplikasi Pencabutan Gigi - Intraoperatif (Pergeseran)

Antrum sering terlibat. Seluruh gigi atau fragmen akar dapat masuk ke sinus maxillaris, fossa infratemporalis, hidung, canalis mandibularis atau ruang submandibula. Bagian yang paling sering adalah sinus maxillaris. Kejadian ini sering merupakan usaha untuk mengambil fragmen atau ujung akar gigi molar atau premolar kedua atas melalui alveolus dengan tekanan elevator yang berlebihan ke arah superior. Pemeriksaan sinar-X yang akurat diperlukan baik sebelum maupun intra-operatif. Kedekatan sinus terhadap apeks akar mungkin sedemikian rupa sehingga perlu dilakukan pembedahan, jika terjadi fraktur akar, film dibuat untuk mendeteksi posisi fragmen dengan tepat.

Saturday, 8 October 2011

Komplikasi Pencabutan Gigi - Intraoperatif (Fraktur)

Tekanan terkontrol untuk menghindari fraktur. Fraktur bisa mengenai akar gigi, gigi sebelahnya atau gigi antagonis, restorasi, processus alveolaris dan kadang-kadang mandibula. Semua fraktur yang dapat dihindarkan mempunyai etiologi yang sama; yaitu tekanan yang berlebihan atau tidak terkontrol atau keduanya. Cara terbaik untuk menghindari fraktur di samping tekanan terkontrol adalah dengan menggunakan gambar sinar-X sebelum melakukan pembedahan. Akar yang mengalami delaserasi atau getas atau yang dirawat endodontik sering mengharuskan dilakukannya perubahan pada rencana pembedahan, biaanya dimulai dari prosedur pencabutan dengan tang (close procedure) sampai melakukan pembukaan flap.

Friday, 7 October 2011

Komplikasi Pencabutan Gigi - Intraoperatif (Perdarahan)

Wah!
Rasanya ada yang ganjil kalo saya memposting tentang komplikasi terlebih dahulu sebelum yang laen. Tapi, daripada material yang ini membusuk dalam harddisk saya, jadi saya keluarin duluan nggak papa ya. LOL. Nanti pendahuluan, teknik dan penjelasan tentang pencabutan giginya menyusul :D.
Happy reading!
Respon pasien tertentu dianggap sebagai kelanjutan yang normal akibat pembedahan, yaitu perdarahan, rasa sakit dan edema. Tetapi apabila berlebihan, perlu dipikirkan lagi apakah termasuk morbiditas yang biasa ataukah komplikasi. Komplikasi digolongkan menjadi intraoperatif, segera sesudah operasi dan jauh sesudah operasi. Pencegahan, pengenalan dan cara mengatasi komplikasi akan didiskusikan di sini. Pencegahannya tergantung pada pemeriksaan riwayat, pemeriksaan menyeluruh, foto rontgen yang memadai dan rencana pembedahan yang memuaskan.

Wednesday, 5 October 2011

Diabetes dan Kesehatan Mata

Diabetes adalah penyakit kompleks yang merupakan hasil dari ketidakmampuan tubuh untuk menghasilakn insulin, hormon yang mengatur kadar gula dalam darah, membawa gula berlebih untuk disimpan di dalam sel dan kemudian akan digunakan jika diperlukan.

Tanpa insulin yang memadai, gula di dalam darah akan menjadi berlebih. Analoginya seperti mobil yang penuh bensin tetapi tidak ada kuncinya; Anda mempunyai energi untuk menggerakkan mobil, tapi tidak bisa menggunakannya.

Tuesday, 4 October 2011

Aktivitas Fisik Wanita yang Memiliki Risiko Diabetes Tinggi


Wanita sebaiknya melakukan aktivitas fisik setidaknya 150 menit tiap minggu untuk membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Wanita yang berisiko tinggi terkena penyakit ini tetap harus aktif secara fisik untuk menurunkan risiko penyakit.

Sunday, 2 October 2011

Mengapa Kita Perlu Mengontrol Diabetes Kita?

Diabetes adalah penyakit dimana kadar glukosa darah atau gula darah terlalu tinggi. Glukosa berasal dari makanan yang dimakan. Insulin adalah hormon yang menjaga glukosa tetap berada dalam sel sehingga dapat diubah menjadi energi. Penderita diabetes tibe 1 tidak memproduksi insulin. Penderita diabetes tipe 2, yang lebih umum ditemukan, memproduksi insulinnya sendiri, tetapi tubuh tidak dapat menggunakannya dengan optimal. Tanpa adanya insulin, glukosa tetap berada dalam darah.

Saturday, 1 October 2011

Pre-Diabetes? Apaan Tuh?

Pre-diabetes berarti kadar gula darah yang lebih tinggi daripada normal tetapi tidak cukup tinggi sampai disebut dengan diabetes. Glukosa berasal dari makanan yang dikonsumsi. Terlalu banyak glukosa dalam darah dapat merusak tubuh seiring berjalannya waktu. Jika Anda mempunyai pre-diabetes, besar kemungkinannya akan berkembang menjai diabetes tipe 2, penyakit jantung dan stroke.