Sunday, 2 October 2011

Mengapa Kita Perlu Mengontrol Diabetes Kita?

Diabetes adalah penyakit dimana kadar glukosa darah atau gula darah terlalu tinggi. Glukosa berasal dari makanan yang dimakan. Insulin adalah hormon yang menjaga glukosa tetap berada dalam sel sehingga dapat diubah menjadi energi. Penderita diabetes tibe 1 tidak memproduksi insulin. Penderita diabetes tipe 2, yang lebih umum ditemukan, memproduksi insulinnya sendiri, tetapi tubuh tidak dapat menggunakannya dengan optimal. Tanpa adanya insulin, glukosa tetap berada dalam darah.



Seiring waktu, glukosa yang terlalu banyak dalam darah dapat menimbulkan masalah serius. Kondisi ini dapat merusah mata, ginjal dan saraf. Diabetes juga dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke dan bahkan amputasi organ gerak. Wanita yang hamil juga dapat terkena diabetes, disebut diabetes gestasional.

Gejala diabetes tipe 2 meliputi kelelahan, rasa haus, penurunan berat badan, penglihatan menjadi kabur dan sering buang air kecil. Beberapa orang tidak mempunyai gejala. Tes darah dapat menunjukkan apakah Anda mempunyai diabetes atau tidak. Anda jga sebaiknya memonitor kadar gula darah Anda dan minum obat yang diresepkan.

Kontrol diabetes yang ketat berarti mendisiplinkan makanan, olahraga dan obat untuk memastikan kadar glukosa darah tetap stabil.

Asosiasi Diabetes Amerika (The American Diabetes Association; ADA) menyebutkan beberapa manfaat potensial melakukan kontrol ketat terhadap diabetes:

  • Menurunkan risiko penyakit komplikasi akibat diabetes seperti penyakit mata, ginjal dan saraf.
  • Mengurangi risiko komplikasi diabetes yang sudah ada tambah memburuk.
  • Megurangi tingkat energi dan membuat tubuh merasa lebih baik.
  • Lebih fleksibel terhadap jadwal makan.
  • Menurunkan risiko cacat lahir pada bayi, jika Anda sedang mengandung.

Referensi:
http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/news/fullstory_114333.html
http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/diabetes.html

No comments:

Post a Comment

Hi, everyone! Please feel FREE to express yourself here!