Saturday, 1 October 2011

Pre-Diabetes? Apaan Tuh?

Pre-diabetes berarti kadar gula darah yang lebih tinggi daripada normal tetapi tidak cukup tinggi sampai disebut dengan diabetes. Glukosa berasal dari makanan yang dikonsumsi. Terlalu banyak glukosa dalam darah dapat merusak tubuh seiring berjalannya waktu. Jika Anda mempunyai pre-diabetes, besar kemungkinannya akan berkembang menjai diabetes tipe 2, penyakit jantung dan stroke.

Sebagian besar orang yang pre-diabetes tidak mempunyai gejala-gejala tertentu. Dokter akan mengecek darah Anda untuk mengetahui apakah kadar gula dalam darah normal atau tidak. Jika Anda berusia 45 tahun ke atas, dokter Anda mungkin akan merekomendasikan supaya Anda mengecek apakan mempunyai pre-diabetes atau tidak, terutama jika Anda kelebihan berat badan.

Penurunan berat badan.
Penurunan berat badan setidaknya sekitar 5 - 10 persen dari berat awal dapat mencegah atau menunda diabetes atau bahkan dapat membalikkan pre-diabetes. Ini berarti sekitar 10 - 20 pounds pada seseorang yang mempunyai berat 200 pounds. Anda dapat mengurangi berat badan dengan memotong kalori dan lemak yang disantap dan aktif secara fisik setidaknya 30 menit per hari. Aktif secara fisik membuat insulin dalam tubu hbekerja lebih baik. DOkter mungkin juga akan meresepkan obat untuk membantu mengontrol jumlah glukosa dalam darah.

NIH: National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases

Referensi: http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/prediabetes.html

No comments:

Post a Comment

Hi, everyone! Please feel FREE to express yourself here!