Wednesday, November 09, 2011

Lesung Pipit: Tak Semua Malformasi Identik dengan Keburukan

Source: fashioncentral.pk
Lesung pipit (dimple) adalah cekungan alami kecil pada bagian tubuh manusia, biasanya di pipi atau di dagu. Lesung pipit dapat muncul dan menghilang bersamaan dengan waktu. Mungkin cukup mudah menemukan seseorang yang mempunyai lesung pipit karena sifat ini diturunkan secara genetik. Sebagian besar lesung pipit sebenarnya disebabkan adanya defek lahir, yang malah menunjukkan bahwa tidak semua ‘malformasi’ adalah hal yang buruk. Lesung pipit dapat berperan dalam pemilihan jenis kelamin. Beberapa kebudayaan, misalnya Asia ataupun subgrup etnik Indo, menganggap lesung pipit sebagai simbol daya pikat dan kejujuran. Lesung pipit dapat diturunkan secara genetik dan digolongkan dalam sifat dominan sederhana, tetapi belum ada bukti ilmiah.

Lesung pipit dapat disebabkan adanya variasi struktur otot wajah yang dikenal dengan nama musculus zygomaticus mayor. Lebih khusus lagi, adanya musculus zygomaticus mayor yang dobel ataupun bifida dapat menjelaskan fenomena pembentukan lesung pipit di pipi ini. Variasi bifida musculus yang bersangkutan berorigo pada struktur tunggal di os zygomaticum. Ketika otot ini berjalan ke anterior, dia kemudian membelah menjadi dua, serabut superior berinsersi ke posisi umumnya yaitu sudut mulut (anguli oris), sedangkan serabut inferiornya berinsersi di bawah sudut mulut (anguli oris).

Penyebab paling sering terbentuknya lesung pipit adalah otot yang memendek, yang dapat menjelaskan mengapa lesung pipit tidak selalu terlihat saat kondisi istirahat. Di wajah, otot wajah yang memendek menarik kulit, terutama ketika seseorang tersenyum, menciptakan lesung pipit yang klasik. Seiring berjalannya waktu, otot di wajah akan mengendur dan itulah mengapa beberapa orang yang mempunyai lesung pipit ketika muda akan menghilang ketika mulai menua. Lesung pipit juga bisa ditemukan di bagian tubuh yang lain seperti pantat. Lesung pipit di tempat lain tidak terlalu dipandang tinggi dibandingkan dengan yang ada di pipi, mungkin karena lesung pipit di wajah langsung tampak, sedangkan di bagian lain tidak.

Genetika lesung pipit sebenarnya cukup menarik. Lesung pipit adalah sifat dominan, yang berarti hanya perlu satu gen untuk mewarisi lesung pipit. Jika tidak ada orang tua mempunyai lesung pipit, Anda kemungkinan tidak mempunyainya, kecuali Anda mengalami mutasi spontan. Jika salah satu orang tua mempunyai lesung pipit, Anda mempunyai kemungkinan 25 – 50% untuk mewarisi gen, karena ini berarti orang tua Anda mewarisi gen tersebut dari salah satu ataupun kedua orang tuanya. Jika kedua orang tua mempunyai lesung pipit, Anda mempunyai kesempatan 50 – 100% mewarisi gen ini, tergantung bagaimana mereka mewarisi gen lesung pipit ini.

Pada kebanyakan kasus, lesung pipit muncul di pipi, meskipun lesung pipit juga bisa muncul di dagu dan tidak terlihat hingga seseorang tersenyum. Beberapa orang mempunyai lesung pipit pada salah satu sisi wajah saja, yang membuat ciri fisik ini menimbulkan rasa sayang. Penampakan lesung pipit juga sangat bervariasi; sama seperti ciri pewarisan yang lain, lesung pipit dapat diturunkan dari generasi ke generasi keluarga.

Karena lesung pipit dapat menghilang bersamaan dengan waktu ketika otot-otot wajah mulai mengendur, beberapa orang menghubungkan lesung pipit dengan masa muda. Anak-anak sering dihubungkan dengan pipi berlesung pipit, dan seseorang yang mempunyai lesung pipit biasanya diangap tampak muda atau baby faced.

Referensi:

  1. http://www.wisegeek.com/what-are-dimples.htm
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Dimple

No comments:

Post a Comment

Hi, everyone! Please feel FREE to express yourself here!